Bandung, Pasar Laut – Ikan sarden merupakan ikan yang populer dan sering dikonsumsi manusia. Ikan ini juga merupakan ikan berminyak berukuran relatif kecil. Kata “sarden” diambil dari nama pulau di Mediterania,tepatnya di pulau sardania dimana ikan sarden pernah terdapat dalam jumlah besar. Ukurannya yang mini ini, bukan berarti kandungan ngizi didalamya rendah. Justru kandungan dari ikan sarden ini sangat banyak manfaatnya.

Organisasi pangan dan pertanian dan Organisasi kesehatan dunia (FAO dan WHO) menetapkan ada 21 spesies ikan yang termasuk kedalam ikan sarden. Ikan sarden memiliki daya tarik rasa yang sangat luar biasa, varian cara pengolahan yang beragam semakin membuat ikan sarden semakin diminati. Terlepas dari itu semua kandungan yang terdapat pada ikan sarden sangat bermanfaat bagi tubuh manusia lho.

Berikut dibawah ini merupakan kandungan yang terdapat pada ikan sarden beserta manfaatnya pada tubuh manusia :

  1. Lemak jenuh yang tinggi

Kandungan lemak tak jenuh yang terdapat ada ikan sarden berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol serta dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Selain itu juga fungsi khusus dari lemak tak jenuh ini adalah untuk menghindari pembekuan darah, meningkatkan kadar kolesterol dan menurunkan tekanna darah tinggi, dan keluhan yang berkaitan dengan gangguan jantung.

  1. Omega-3

Kandungan omega-3 pada ikan sarden berfungsi untuk memberikan asupan yang berharga pada otak sehingga bisa memaksimalkan kinerja serta memori otak. Selain itu fungsi dari omega-3 pada ikan sarden ini dapat membantu dalam mengatasi gangguan dan keluhan persendian, dan juga mengontrol tekanan darah sertam meningkatkan metabolisme tubuh.

  1. Vitamin A, B 12, dan vitamin D

Vitamin-vitmin yang terkandung dalam ikan sarden, seperti vitamin A dalam ikan sardan cukup untuk memnuhi kebutuhan fungsi dasar serta normal pada mata. Lalu vitamin B 12 yang berperan dalam memproduksi sel darah merah, dan membantu menghindari terjadinnya pembekuan darah yang berkaitan dengan kesehatan syaraf. Dan vitamin D pada ikan sarden berfungsi untuk mempercepat penyebaran kalsium serta menguatkan tulang dan gigi serta mengurangi potensi kangker usus besar.

  1. Mengandung minyak Ikan sarden

Minyak ikan yang terdapat pada ikan sarden telah terbukti dapat menmbah daya imunitas tubuh, sehingga menjadikan yang mengkonsumsinya memilki sistem pertahanan tubuh yang tinggi serta bisa mencegah bergabgai penyakit.

  1. Kandungan Mineral serta protein yang tinggi

Kandungan mineral serta protein yang terkandung dalam ikan sarden yang sangat banyak, membuat ikan sarden dapat dimakan hingga tulangnya. Mineral yang terdapat pada ikan sarden seperti kalsium, zat besi, fosfor serta potasium dapat berfungsi bagi pemeliharaan kesehatan tulang serta mengoptimalkan fungsi ginjal. Sementara itu, kandungan protein yang tinggi pada ikan sarden yaitu asam amino yang berfungsi membangun otot dan juga mengurangi resiko terkena diabetes.

  1. Rendah kalori

Nah, kali ini kandungan kalori yang rendah yang terdapat pada ikan sarden dapat membantu kamu yang sedang melakukan proses diet lho.

  1. Memiliki Zat antioksidan

Kandungan zat antioksidan pada ikan sarden dapat bermanfaat untuk mencegah radikal bebas serta memlihara kesehatan organ. Selain itu fungsi khusus dari zat antioksidan ini adalah untuk meningkatkan energi fisik terutama jantung. Oleh sebeb itu ikan sarden disarankan menjadi menu bagi kamu yang memiliki gangguan jantung.

Nah, diatas merupakan kandungan ikan sarden beserta manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Jadi, sudah tidak ragu untuk makan ikan kan ? yuk, makan ikan! Karna makan ikan itu sehat lho.

 Sumber 

Leave a Reply